Pada hari Kamis tanggal 28 Juni 2021 tepatnya pukul 09.00 WITA Tim Fasilitator STBM Puskesmas Bengkuring bersamaan dengan tokoh masyarakat melaksanakan Pemicuan STBM di Berambai, RT 31 dan 32 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan samarinda Utara Kalimantan Timur. 

Mufakat STBM

   Kegiatan pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini dilakukan untuk merubah perilaku warga setempat agar tidak buang air besar sembarangan/BABS. Peserta pemicuan terdiri dari 12 warga RT 31 dan 8 warga RT 32.

Bina Sosial

   Langkah-langkah pemicuan terdiri dari : 

  1. Perkenalan fasilitator

  2. Penjelasan maksud dan tujuan pemicuan

  3. Bina suasana (dengan permainan)

  4. Pemetaan sosial (membuat peta wilayah RT 31 dan RT32)

  5. Transect walk (diajak keliling wilayah setempar menuju area tempat BAB sembarangan dikebun)

  6.  Alur kontaminasi air (memancing/menumbuhkan rasa jijik warga, dengan memberikan air minum yang telah dihinggapi lalat dari tinja warga, dilanjutkan dengan merangkai diagram alir terjadinya penyakit menggunakan beberapa gambar)

  7. Puncak pemicuan (mempengaruhi warga tentang bahaya penularan penyakit akibat dari tinja yang dihinggapi lalat)

  8. Pembuatan kontrak sosial 

  9. Pembacaan kesepakatan warga untuk berubah perilaku (dibacakan serentak bersamaan oleh warga dan ditandatangani oleh ketua RT setempat)

   Kontak sosial

Di akhir kegiatan ada 12 warga yang terpicu dan berencana akan membuat jamban sehat (membuat masing-masing, swadaya masyarakat). Tahun 2021 sebanyak 3 warga bersedia membuat jamban sehat dan tahun 2022 sebanyak 9 warga berencana membuat jamban sehat.

Pemetaan dan transectwalk

Kumpul

   Tim fasilitator STBM puskesmas Bengkuring akan mendampingi dan melakukan monitoring kembali terkait rencana kerja warga tersebut.

Pemicuan STBM Pilar 4 (Pengelolaan Sampah) dipondok pesantren Syaichona Cholil.http://pkm-bengkuring.samarindakota.go.id/news/pemicuan-stbm-pilar-4-pengelolaan-sampah-ZGOSH

Selamat datang di Website Resmi Uptd Puskesmas Bengkuring