Pada hari Kamis tanggal 24 Juni 2021 tepatnya pukul 09.00 WITA Tim Fasilitator STBM bersamaan dengan linsek  Puskesmas Bengkuring melaksanakan Pemicuan STBM  yaitu:  Ibu Lilik Sumarti , SKM,  Ibu Jojor Nursianna Silaban , SKM dan Mbak Nuril Ngafiati,A.Md.Kes  di Pondok Pesantren Syaichona Cholil, RT 41 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara Kalimantan Timur. Pondok pesantren yang telah berdiri sekitar 31 tahun silam ini terletak di wilayah Batu Besaung, dimana SAB (Sarana Air  Bersih) diwilayah tersebut masih sulit didapatkan. Jumlah santri di ponpes saat ini sekitar 450 yang terdiri dari santri putri dan putra.

latiahn membuat kontak

   Kegiatan pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini dilakukan untuk merubah perilaku santri agar tidak membuang sampah sembarangan, hal ini berakibat kepada tingginya kasus penyakit berbasis lingkungan yang dikeluhkan dari santri (seperti diare, gatal-gatal, ISPA, muntah, dll). Peserta pemicuan terdiri dari 34 santri yaitu 17 santri putri dan 17 santri putra.

Putri ponpes Syaichona Cholil

Langkah-langkah pemicuan terdiri dari :

1. Perkenalan fasilitator

2. Penjelasan maksud dan tujuan pemicuan

3. Bina suasana (dengan permainan)

4. Pemetaan sosial (membuat peta wilayah ponpes di lapangan teras masjid)

5. Transect walk (diajak keliling ponpes menuju area tumpukan sampah sembarangan dipenuhi lalat)

6. Alur kontaminasi air (memancing/menumbuhkan rasa jijik santri, dengan memberikan air minum yang telah dihinggapi lalat, dilanjutkan dengan merangkai diagram alir terjadinya penyakit menggunakan beberapa gambar)

7. Puncak pemicuan (mempengaruhi santri bahaya penularan penyakit akibat dari sampah yang tidak dikelola)

8. Pembuatan kontrak sosial

9. Pembacaan kesepakatan santri untuk berubah perilaku (dibacakan serentak bersamaan oleh santri dan ditandatangani oleh pimpinan ponpes)

Pembuatan sampah organik

   Di akhir kegiatan ada 25 santri yang terpicu dan berencana akan membuat kerajinan dari sampah anorganik (ecobrick dan pot bunga) dan membuat pupuk kompos dari sampah organik.

Latiahn Ponpes Syaichona Cholil

siswa Ponpes Syaichona Cholil

   Tim fasilitator STBM puskesmas Bengkuring akan mendampingi dan melakukan monitoring kembali terkait rencana kerja santri tersebut.

Selamat datang di Website Resmi Uptd Puskesmas Bengkuring