Peran posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur.

Pencatatan Ibu Hamil di Posyandu Batu Besaung

Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya kunjungan bulanan Puskesmas Bengkuring untuk memudahkan masyarakat  dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Penimbangan bayi dan balita

Salah satu program utama seperti posyandu kakao yang beralamat di Jl batu besaung Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara RT.28 (di rumahnya Pak RT sendiri)  adalah menyelenggarakan pemeriksaan bayi dan balita setiap 1 kali dalam sebulan . Hal ini penting dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi stunting sejak dini bila anak mengalami gangguan tumbuh kembang. Kata H. Asni, Amd. Kep  yang bertugas di posyandu tersebut.

Pengukuran Tinggi badan

Posyandu juga dapat menjadi sarana bagi para ibu untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak, baik dengan petugas kesehatan maupun dengan peserta posyandu lainnya. Dengan pengetahuan yang baik, diharapkan kualitas kesehatan ibu dan anak dapat meningkat.(Sabtu, 19 Jni 2021)

Selamat datang di Website Resmi Uptd Puskesmas Bengkuring